8 Makanan Sumber Vitamin E Alami yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Health

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menawarkan Vitamin E sintesis dalam bentuk kapsul ataupun suplemen makanan. Meski begitu, Vitamin E terbaik tentu saja yang berasal dari alam. Sumber vitamin E alami antara lain terdapat pada buah, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan sumber makanan lainnya.

Sejak dulu, vitamin E telah diketahui sebagai vitamin yang bersifat antioksidan sehingga memiliki peranan penting dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, stroke, dan komplikasi jantung. Vitamin E juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu vitamin K dalam membekukan darah.

Selain melindungi sel-sel tubuh, asupan vitamin E juga sangat penting untuk memperlambat terjadinya berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat proses penuaan. Vitamin E juga berperan penting dalam produksi hormon prostaglandin yang mampu mengatur berbagai mekanisme di dalam tubuh seperti kontraksi otot dan tekanan darah.

Adapun kebutuhan vitamin E tiap orang dan usia berbeda-beda. Pada bayi usia 6—12 bulan, kebutuhan vitamin E-nya adalah 5 miligram (mg) atau 7,5 international Unit (IU)/ hari. Untuk anak pada usia 1-3 tahun, kebutuhan vitamin E-nya adalah 6 mg atau 9 IU/ hari. Untuk anak pada usia 4-8 tahun, kebutuhan vitamin E-nya adalah 7 mg atau 10,4 IU/ hari. Untuk anak pada usia 9-13 tahun, kebutuhan vitamin E-nya adalah 11 mg atau 16,4 IU/ hari. Sedangkan untuk anak pada usia 14 tahun- dewasa, kebutuhan vitamin E-nya adalah 15 mg atau 22,4 IU/ hari. Untuk ibu menyusui, kebutuhan vitamin E/ hari adalah 19 mg atau 28,4 IU.

Vitamin E tidak diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, untuk itu kita membutuhkan asupan makanan yang memiliki kandungan vitamin ini agar kebutuhan tubuh akan vitamin ini bisa tercukupi.

Baca Juga :  5 Minuman Pilihan untuk Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis

8 Makanan Sumber Vitamin E Alami yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Adapun makanan yang bersumber dari alam yang memiliki kandungan vitamin E adalah:

  1. Bayam

Bayam memiliki banyak sekali kandungan vitamin, salah satunya vitamin E. Bayam mengandung sekitar 41,4 mg vitamin E sehingga mampu memenuhi kebutuhan vitamin E harian yang dibutuhkan tubuh.

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari juga banyak dikenal dengan sebutan kuaci ini adalah salah satu camilan sehat yang memiliki banyak kandungan vitamin E. Dalam 100 gram kuaci, terdapat kandungan 35,17 mg vitamin E.

  1. Telur dan Daging Ayam

Telur dan daging adalah salah satu makanan yang mudah ditemukan dalam asupan makanan harian. Pada 100 gram telur mengandung vitamin E sebesar 1,03 mg. Sedangkan vitamin E pada daging ayam terdapat paling tinggi pada bagian paha dibanding bagian dada.

  1. Minyak Zaitun

Di Indonesia penggunaan minyak zaitun sebagai media menggoreng masakan tentu belum terlalu umum. Namun tidak ada salahnya jika kita mulai mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun yang memiliki kandungan vitamin E alami hingga 18% dari kandungan total nutrisi yang dimilikinya. Minyak zaitun ini dikenal berkhasiat menangkal zat oksidatif yang memicu pertumbuhan kanker.

  1. Ikan Salmon

Jika kita mengonsumsi 3 ons salmon per hari, maka kita sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin E harian bagi tubuh.

  1. Tahu

Makanan yang sangat merakyat ini mengandung vitamin E sebanyak 5,3% dari kandungan nutrisi yang dimilikinya untuk setiap 100 gram. Mengonsumsi tahu secara rutin mampu menjaga kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas.

  1. Alpukat

Dalam 100 gram alpukat, terdapat 2 mg vitamin E yang bagus dalam menangkal radikal bebas.

  1. Lobster

Saat kita menyantap 100 gram lobster, terdapat 1 mg vitamin E. Ditambah dengan nutrisi lainnya seperti vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi, konsumsi lobster baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga :  8 Merek Tisu Basah yang Lembut dan Baik untuk Kesehatan Kulit Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *