alat musik tradisional

Perkaya Khazanah Budaya Indonesia dengan Alat Musik Tradisional Nusantara!

General

Alat musik tradisional jadi banyak perbincangan akhir-akhir ini. Ya, selain karena memang bentuk dan bunyinya yang khas, alat musik tradisional kini ramai diperbincangkan di dunia internasional karena juga mengandung nilai budaya yang tak tak ternilai harganya.

Budaya Indonesia terutama punya banyak sekali alat musik tradisional. Beberapa di antaranya merupakan jenis alat musik tiup, alat musik pukul dan lain sebagainya. Nah jika kamu ingin mengenal lebih lanjut, yuk simak ulasan dari alat musik tradisional dari Sabang sampai Merauke berikut!

  • Serune Kale

Alat musik tradisional yang pertama berasal dari Aceh yakni Serune Kale. Alat ini merupakan alat musik tiup berbentuk trompet berukuran sedang, yang sangat terkenal terutama di wilayah Aceh Utara, Aceh Besar, Aceh Barat dan Kabupaten Pidie.

alat musik tradisional 1

Bunyi dari alat musik ini dihasilkan dari aeorofon, yakni instrumen yang sumber bunyinya berasal dari embusan udara pada rongga alat. Serune kale biasanya dimainkan dengan instrumen tradisional lainnya seperti Rapai dan Gendrang.

Tak sembarang pertunjukan, alat musik ini hanya bisa kamu temukan di kegiatan-kegiatan seperti acara hiburan, tari dan penyambutan tamu kehormatan khusus.

  • Angklung

Alat musik tradisional berikutnya berasal dari Pulau Jawa yakni Wilayah Indonesia Barat. Ya, angklung yang merupakan alat musik tradisional khas Jawa Barat ini juga sangat terkenal di mancanegara. Alat musik yang suaranya dihasilkan dengan cara digoyangkan ini tidak hanya menarik dari segi bunyi namun juga menarik dari segi penggunaan alat.

Ya, cara memainkan angklung yang dengan menggerakkan tangan ini kemudian banyak menarik perhatian karena tak ada alat musik negara yang serupa atau bahkan menyerupai angklung. Setelah digoyangkan, pemegang angklung akan menghasilkan bunyi angklung.

Baca Juga :  Inilah Daftar Harga Handphone Terbaru di Pengujung 2019

Bunyi angklung yang dihasilkan masing-masing orang atau benda ini pun beragam. Hal ini dikarenakan benturan badan pipa bambu yang menyusun angklung memiliki ukuran yang bermacam-macam sehingga mampu menghasilkan 7 tangga nada dengan masing-masing bentuk angklung yang berbeda.

  • Gamelan

Alat musik tradisional berikutnya adalah gamelan. Alat musik yang berasal dari Jawa Tengah ini dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh. Untuk instrumennya sendiri, gamelan terdiri dari beberapa jenis alat musik seperti kendang, bonang burung, bonang penerus, demung, saron dan rebab.

alat musik tradisional

Tak hanya di Jawa Tengah, alat musik ini juga lazim ditemukan di daerah Jawa Timur, Madura, Bali dan Lombok dengan ukuran dan bentuk yang bermacam-macam.

  • Sasando

Alat musik berikutnya berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur. Sejak abad ke-7, sasando yang memang mirip dengan gitar ini telah banyak dimainkan oleh masyarakat setempat. Alat musik ini terbuat dari bambu asli loh! Namun disertai dengan bentuk melingkar di bagian tengahnya.

Dengan perkembangan jaman yang ada, Sasando kemudian dimodifikasi menjadi bentuk elektrik, namun tetap mempertahankan bentuknya yang klasik.

  • Tifa

Alat musik terakhir adalah Tifa. Alat ini berasal dari papua, yang dimainkan dengan cara melepaskan bagian ujungnya. Selain suaranya yang unik, Tifa juga memiliki bentuk yang klasik sehingga banyak wisatawan menjadikannya oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Maluku dan Papua.

Bagaimana? Sangat unik dan menarik bukan macam-macam alat musik tradisional dari Indonesia ini? Ya, di luar sana masih banyak lagi loh alat musik yang belum diketahui. Jika kamu mau tahu infonya lebih lanjut, kamu bisa klik https://review.bukalapak.com/hobbies/alat-musik-tradisional-98917 ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *