jenis kucing

Bukan Sembarang Jenis Kucing, Ini Macam-Macan Ras Kucing yang Perlu Kamu Ketahui!

Hobbies

Kucing adalah salah satu hewan yang sering kita jumpai banyak tempat. Jenis kucing yang beragam juga merupakan hewan yang banyak dipelihara dan sudah menjadi salah satu hobi tersendiri bagi setiap orang yang mencintai binatang. Kucing tergolong hewan yang lucu, penyayang serta menggemaskan. Kucing ternyata dapat meningkatkan mood serta menghilangkan stres si pemiliknya dengan tingkah menggemaskannya. Nah  kamu harus tahu beberapa jenis kucing sebelum memeliharanya, mau tahu bukan? Kami bahas di sini ya!

  • Kucing Moggy

Kamu sering dengan Kucing kampung kan? Nah ternyata kucing kampung memiliki nama Moggy atau Moggies. Asing bukan? Ternyata kucing ini datang sebagai kucing liar dari daratan Afrika. Menariknya, moggies tidak memiliki garis keturunan karena berkembang biak secara sembarang. Jenis Kucing ini tidak memiliki penampilan dan sifat yang pasti. Kucing moggy bersifat mandiri dan terlahir dengan bulu dan warna yang berbeda-beda. Ras kucing jenis moggy adalah kucing yang tidak sulit untuk dirawat.

jenis kucing 01

  • Kucing Sphynx

Kucing Spinx sangat berbeda dari kucing pada umumnya yang mempunyai bulu lebat, terlihat botak padahal bulunya sangat pendek dan sedikit sekali. Kucing ini merupakan kucing persilangan genetik asal Kanada. Muncul dari mutasi di Ontario, Kanada, pada 1966. Kucing ini mempunyai tubuh ramping dengan telinga berbentuk segitiga, kulit keningnya yang berkerut dan dadanya yang kuat. Ekornya yang panjang dan kecil juga runcing. Lucunya, tidak semua jenis kucing ini punya kumis.

Jika kucing yang lain tidak memiliki kelenjar keringat, Sphynx adalah satu satunya yang memiliki kelenjar keringat. Alhasil ketika kamu merawat kucing ini, kamu harus menjaga mereka agar tetap sejuk dan memandikannya secara rutin. Kucing Sphynx diadopsi dari nama patung di Mesir, ternyata termasuk kucing aktif, manis, dan pintar. Namun harganya cukup mahal loh, bisa sampai Rp15 juta per ekor.

  • Kucing Anggora

Kucing ini sangat disukai banyak orang karena bulunya yang putih seperti salju. Namanya diadopsi dari asal mereka berada yaitu Ankara, Turki. Kucing ini jarang ada di Indonesia karena tidak diperbolehkan dan dibatasi oleh Turki. Ras kucing ini sangat lincah dan aktif untuk dijadikan teman bermain di rumah. Bulu kucing jenis Anggora di bagian kepala tidak terlalu panjang. Telinga seperti segitiga, cukup lumayan lebar di bagian bawah serta besar mengerucut ke bagian ujung telinga.

Baca Juga :  Lirik Celengan Rindu

jenis kucing

  • Ras Kucing Turkish Van

Ras kucing ini merupakan jenis kucing yang langka dan cukup tua. Seperti namanya, Turkish Van atau “swimming cat”, kucing ini suka dengan air. Mungkin karena tempat berkembang biaknya berada di wilayah sekitar danau Van di Turki serta terbiasa berenang ke pelabuhan untuk menyapa perahu nelayan yang datang untuk mendapatkan makanan gratis.

Turkish Van mempunyai banyak kemiripan dengan Turkish Angora. Namun jenis kucing ini mempunyai tubuh yang panjang dan langsing dengan rumbai pendek di kakinya. Mempunyai kepala yang berbentuk seperti baji dengan hidung yang lebih mancung. Karena suka berenang, kucing ini memiliki bulu yang tahan air, sehingga membutuhkan beberapa perawatan khusus. Bulunya tetap lebat sepanjang tahun, walaupun pada musim panas mereka berganti bulu.

  • Ras Kucing Balinese

Jenis kucing ini merupakan hewan yang aktif dan menyenangkan. Mereka suka mengeong dan mengikuti pemiliknya. Memiliki bulunya yang panjang, perawakannya yang elegan, dan ukuran tubuhnya yang sedang. Rak kucing balinese mempunyai mata seperti almond berwarna biru, ungu, hijau dan coklat. Kalau kamu bawa ke pesta, kucing ini pasti akan menarik perhatian banyak orang.

Itulah beberapa pilihan jenis kucing yang kami rangkum dari banyak jenis kucing yang ada. Nah kamu mau pilih jenis kucing yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *