resep klepon

Resep Klepon dari Ubi Ungu Anti Ribet!

Food

Siapa di sini yang tidak tahu namanya klepon? Tentu saja jajanan pasar satu ini sangat mudah untuk ditemui di toko-toko kue di Indonesia. Berbekal bahan bahan yang tak terlalu sulit untuk dicari di sekitar, hal ini bisa memunculkan ide bila ingin memasaknya sendiri. Klepon biasanya biasanya dengan berwarna hijau, sekarang sudah lebih banyak modifikasinya, salah satunya dengan menggunakan resep klepon dari ubi ungu.

resep klepon

Makanan satu ini memang menarik, hingga memunculkan sensasi berbeda ketika memakannya. Bagaimana tidak? Kue kenyal ini kalau digigit akan memunculkan sensasi meledak dari larutan gula merah yang manis, hehe. Sudah pernah mencobanya?

Dan menariknya lagi, di daerah Jawa kue ini dikenal sebagai nama klepon, tidak sama halnya dengan di daerah Sumatra, Sulawesi, maupun di Malaysia. Klepon sendiri sering disebut dengan onde-onde. Dan inilah yang menjadi sebab kekeliruan dalam mengartikannya. Apa pun itu, tak mengubah rasanya yang memang lezat bukan?

Klepon bisa dijadikan sebagai camilan yang biasanya banyak dijumpai pada pedagang pagi hari, namun tak menutup kemungkinan banyak pedagang yang menjualnya pada sore hari sebagai teman minum teh dan bersantai menikmati senja. Dan ternyata, klepon sendiri tak hanya terkenal di Jawa saja, bahkan sudah mencapai mancanegara contohnya Belanda dan juga Tiongkok.

Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba membuat klepon sendiri di rumah, di bawah ini akan kami bagikan cara membuat klepon dari ubi ungu yang mungkin belum banyak dijumpai. Bukan hanya dari segi warnanya saja yang terlihat cantik, yakni berwarna ungu. Soal rasa tentunya juga lezat seperti klepon yang diberi daun suji.

resep klepon

Yuk langsung saja kita eksekusi dengan menyiapkan bahan bahan utamanya terlebih dahulu! Untuk pembuatan kue klepon terdiri dari bahan kulit, isi, dan juga lapisannya.

Baca Juga :  Cara Membuat Risoles dan Cara Membuat Kulit Lumpia

Resep Klepon dari Ubi Ungu Anti Ribet!

Untuk bahan kulitnya!

  • Pertama siapkan dahulu kira-kira 500 gram ubi ungu
  • Siapkan sebanyak 250 gram tepung ketan
  • ½ – 1 sendok teh garam
  • 180 ml air hangat siapkan dalam gelas
  • Dan juga siapkan air untuk merebus secukupnya.

Untuk bahan isian dari klepon!

Siapkan gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 150 gram atau secukupnya.

Untuk bahan lapisannya!

Persiapkan kelapa parut dan garam secukupnya (bisa dengan dikukus terlebih dahulu).

Setelah mengetahui bahan bahan pembuatannya, mari kita beralih dengan cara membuat klepon dari ubi ungu yang simpel ini!

  1. Kupaslah kulit dari ubi ungu yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu cuci ubi hingga benar-benar bersih.
  2. Persiapkan alat pengukus dan kukus ubi ungu hingga empuk dan matang. Bisa dites dengan menusuknya dengan menggunakan pisau atau garpu.
  3. Jika sudah dirasa cukup matang dan empuk, angkat ubi ungu dan langsung dihaluskan hingga benar halus.
  4. Siapkan wadah yang berbeda, lalu campurkan ubi ungu yang sudah dihaluskan tadi, tepung ketan dan garam secara perlahan hingga semuanya tercampur rata.
  5. Tuangkan air sedikit demi sedikit, terus uleni hingga kalis dan juga mudah untuk dibentuk.
  6. Ambilkan sedikit adonan, lalu bentuk bulatan kecil-kecil, kemudian pipihkan dan isi dengan gula merah sisir yang sudah disiapkan sebelumnya, kemudian bentuk lagi bulatannya.
  7. Siapkan panci yang sudah dimasukkan air untuk merebus klepon, tunggu hingga mendidih.
  8. Masukkan klepon ke dalam panci, rebus sebentar hingga adonan tadi mengapung dan terangkat, kemudian tiriskan.
  9. Tunggu hingga dingin, lalu balurkan dan gulingkan dengan parutan kelapa yang sudah dikukus dan dicampurkan garam sebelumnya.
  10. Klepon siap disajikan sebagai camilan hangat menemani hari Anda.
Baca Juga :  Oleh-oleh Khas Palembang: Cara Buat Mpek-Mpek

Itulah resep klepon dari ubi ungu anti ribet yang bisa dibuat sendiri di rumah. Bisa disajikan sebagai teman minum teh ataupun kopi. Jika membuatnya dalam jumlah banyak, jangan lupa bagikan pada tetangga dekat rumah ya! Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *