cara membuat empek-empek

Resep Olahan Ikan: Cara Membuat Empek-empek

food

Membaca beberapa pilihan resep cara membuat empek-empek tentu penting jika kebetulan punya simpanan ikan tenggiri di kulkas. Ikan ini dibedakan ke dalam dua jenis, pertama ikan air laut dan jenis yang kedua adalah ikan air tawar. Keduanya memiliki sensasi rasa hampir sama dan supaya menyajikan kuliner dari ikan yang enak maka pastikan menggunakan ikan segar. Akan lebih baik jika ikan diolah sesaat setelah ditangkap, sehingga dijamin segar dan dagingnya memiliki rasa manis yang memanjakan lidah.

Ikan tenggiri menjadi salah satu jenis ikan yang identik diolah ke dalam empek-empek, yakni jajanan khas dari Palembang. Apabila tertarik membuat empek-empek ini sendiri maka bisa mencari buku resep olahan ikan maka dijamin akan menemukan cara membuat empek-empek di dalamnya. Supaya empek-empek ini semakin enak pastikan memilih ikan tenggiri dengan kualitas bagus. Semakin segar ikannya maka semakin baik, karena ikan satu ini memang memiliki rasa dan juga aroma yang sangat khas.

Pemilihan ikan tenggiri yang bagus dan segar memastikan empek-empek yang dibuat tidak kalah enak dengan tempat makan terkemuka. Bagi yang masih belum tahu cara memilih ikan tenggiri ini maka bisa menyimak tips berikut ini:

  1. Melihat mata ikan tenggiri,

Kesegaran ikan tenggiri bisa dicek dari tampilan matanya, ketika segar maka dijamin akan terlihat cerah atau bening. Namun jika ikan tenggiri ini sudah menginap lebih dari semalam di tempat penjajanya maka matanya akan terlihat kusam. Bisa dipertimbangkan kembali apakah hendak membelinya atau tidak.

cara membuat empek-empek

  1. Tekan badan ikan tenggiri,

Ikan tenggiri yang akan diolah menjadi empek-empek memang sebaiknya dalam kondisi segar. Agar kualitas rasa empek-empek yang diolah memakai resep olahan ikan yang dipilih semakin maksimal. Selain memperhatikan tampilan mata ikan, tingkat kesegarannya juga bisa dilihat dari kondisi badan ikan tersebut. Tekan badan ikannya dan jika kenyal dan segera kembali ke bentuk semula maka pertanda kondisinya masih segar.

  1. Memperhatikan sisik ikan,

Sisik ikan juga menjadi tanda tersendiri dalam menentukan tingkat kesegarannya, maka perlu diperhatikan. Ikan tenggiri segar dijamin akan memiliki sisik yang mengkilap dan bersih sehingga perlu diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai memilih ikan tenggiri yang sudah mulai rusak karena terlalu lama di tempat penjualnya. Biasanya ditunjukkan dengan sisik yang sudah kusam dan rusak di beberapa titik. Terutama yang sering berbenturan dengan permukaan keras, seperti meja dagangan penjualnya.

  1. Cium aromanya,

Aroma ikan tenggiri juga menjadi point penting untuk memastikan sudah membeli ikan yang segar. Aroma ikan yang masih segar tentu tidak akan berbau menusuk karena baru beberapa jam keluar dari perairan. Mencium aroma busuk dari ikan tenggiri yang dijajakan seorang penjual menjadi tanda kesegaran ikan sudah lama hilang. Maka penting sekali untuk sering-sering memilah ikan segar, sehingga tidak kesulitan mengetahui aroma ikan mana yang segar dan yang sebaliknya.

Baca Juga :  Resep Ayam Sederhana untuk Hidangan Pokok Anda

Ikan tenggiri segar perlu diakui menjadi kunci kelezatan empek-empek yang dibuat. Berhubung hendak disantap keluarga sendiri maka tidak ada salahnya membeli ikan tenggiri kualitas terbaik. Meski lebih mahal namun dijamin sehat karena dibeli dalam kondisi segar. Tentunya bisa memberi jaminan kelezatan empek-empek yang hendak dibuat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *