cara membuat kulit lumpia

Cara Membuat Risoles dan Cara Membuat Kulit Lumpia

Food

Tertarik membuat risoles rumahan yang enak dan sehat? Maka terlebih dahulu perlu belajar cara membuat kulit lumpia yang dipakai pula dalam pembuatan risoles. Risoles sekilas memang mirip dengan lumpia, namun bahan isiannya dibuat dari irisan daging, aneka sayuran, dan terakhir dibubuhi sedikit tepung. Sehingga teksturnya kental dan berbeda dengan isian lumpia yang condong ke arah tumisan baik tumisan rebung maupun tumisan bihun.

Secara fisik risoles juga berbeda dengan lumpia, yakni sebelum digoreng sudah dicelupkan dulu ke kocokan telur lalu dibalurkan ke tepung panir atau tepung roti. Meski bahan isian sampai langkah pembuatan antara lumpia dan risoles berbeda namun keduanya sama-sama memakai kulit lumpia. Agar 100% buatan rumahan yang lebih sedap dan sehat maka tidak ada salahnya membuat kulit lumpia sendiri juga. Baru kemudian mengeksekusi panduan cara membuat risoles yang ditemukan.

Sebenarnya kebutuhan bahan dan langkah-langkah dalam pembuatan kulit lumpia terlihat simpel, namun pada saat eksekusi biasanya berbanding 180 derajat. Mengapa? Sebab dibutuhkan trik khusus untuk mendapatkan kulit lumpia yang sempurna dan terlihat mirip dengan yang dijajakan oleh pedagang di pasar. Supaya menekan resiko gagal simak beberapa trik berikut ini:

Baca Juga: Cara Membuat Batagor

  1. Buat adonan dengan benar,

Kulit lumpia yang sempurna didapatkan dari adonan yang memang lembut. Maka pada saat proses pembuatan adonan usahakan diaduk sembari menuangkan air. Setelah jadi kemudian disaring baru diproses supaya tekstur kulit lumpianya halus.

  1. Gunakan bagian bawah wajan teplon,

cara membuat kulit lumpia

Pembuatan kulit lumpia supaya sempurna dianjurkan untuk memakai bagian bawah teplon, jadi penggunaannya dengan cara dibalik. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kulit lumpia yang ketebalannya pas. Sekaligus memastikan tidak sobek dan mudah dibalik pada saat proses pematangan dilakukan. Supaya matang sempurna dianjurkan untuk memanaskan wajan dulu, setelah dirasa panasnya pas baru adonan dituang.

  1. Tuang adonan secukupnya saja,

Berhubung bagian bawah wajan teplon ini rata dan tidak ada penghalang di bagian tepinya. Maka dianjurkan menuang adonan secukupnya, lalu diratakan memakai kuas atau cukup menggunakan teplon tersebut. Kulit lumpia idealnya tipis jadi jangan sampai berlebihan dalam menuangkan adonan. Jika terlalu tebal maka akan keras dan mudah sobek ketika dibalik, hasilnya pun dijamin jelek.

Baca Juga :  Resep Olahan Ikan: Cara Membuat Empek-empek

Setelah kulit lumpia siap, maka tinggal membaca instruksi dalam cara membuat risoles sehingga bisa langsung dieksekusi. Dahulukan pembuatan kulit lumpia, setelah adonan kulit habis baru kemudian menyiapkan bahan isian resoles. Gunakan daging ayam bagian dada yang tidak memiliki banyak tulang dan bisa dipotong dadu kecil-kecil. Sebenarnya bahan isian ini bisa disesuaikan selera, tidak harus memakai daging ayam. Namun bisa pula berupa sayuran yang di tumis dan ditambahkan kaldu ayam, supaya kental dibubuhi tepung terigu secukupnya.

Jangan lupa isian resoles ini diberi bumbu, dan bumbunya sendiri juga simpel yakni minimal memakai bawang merah, merica, dana pala secukupnya. Setelah adonan matang dan teksturnya lumayan kental seperti bubur. Tinggal mengambil satu lembar kulit lumpia yang dibuat sebelumnya, ambil setengah sendok makan bahan isian. Lalu gulung menyerupai bentuk lumpia sayur pada umumnya. Gunakan air atau putih telur sebagai perekat ujung kulit lumpia rumahan yang dibuat tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *