cara memperbaiki rice cooker cepat basi

Cara Memperbaiki Rice Cooker Cepat Basi dan Kering

General

Rice cooker sudah menjadi salah satu peralatan elektronik untuk memasak yang sangat vital di dapur. Tentu akan menjadi masalah jika kegunaan rice cooker berkurang, apalagi jika nasi di dalam rice cooker tidak bisa bertahan dengan lama. Misalnya nasi menjadi cepat basi dan berair, atau nasi menjadi cepat kering dan tidak lagi enak untuk dimakan. Jika ternyata rice cooker yang kamu gunakan tidak bisa menyimpan nasi dalam waktu yang lama karena cepat basi atau kering, maka kamu perlu memahami cara memperbaiki rice cooker cepat basi tersebut.

Langkah yang pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki rice cooker nasi cepat basi atau menjadi kering secara tiba-tiba adalah kamu harus mengetahui penyebabnya. Coba cek seluruh bagian yang ada pada komponen rice cooker tersebut, apakah ada yang rusak atau memang sudah lama sehingga fungsinya berkurang. Bagian-bagian penting di dalam rice cooker terdiri dari heater (pemanas), thermostat (pengendali temperatur), jar (wadah menanak nasi), dan steam outlet (bagian pengeluaran uap panas).

Jika sekiranya tidak ada kerusakan berarti pada bagian-bagian tersebut, langkah kedua yang harus kamu coba adalah pastikan kamu menutup rapat rice cooker setelah digunakan. Tutup yang tidak menempel secara sempurna dengan bagian bawah rice cooker juga berpotensi membuat nasi yang ada di rice cooker cepat basi. Pahamilah bahwa ketika rice cooker tidak tertutup secara benar, maka uap panas dalam rice cooker akan berkurang kadarnya sehingga nasi yang ada di dalam rice cooker akan tercampur udara dari luar. Hal ini tentu saja membuat nasi yang ada di dalam rice cooker kamu menjadi cepat basi.

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan adalah memastikan bahwa beras yang akan kamu masak benar-benar dicuci dengan air bersih serta tidak kekurangan air saat dimasak. Sebab jika ternyata takaran air kurang dari yang seharusnya, maka potensi nasi yang kamu masak akan cepat kering menjadi lebih besar.

Baca Juga :  Manual Book Rice Cooker Miyako

Langkah keempat adalah memastikan bahwa suhu dalam rice cooker dalam batas normal. Nah, pengatur suhu atau temperatur dalam rice cookermu ini dinamakan thermostat. Suhu normal pada termostat adalah dikisaran 70ᴼ sampai dengan 80ᴼ. Jika melebihi dari itu, maka nasi yang ada di rice cookermu akan cepat kering dan kuning, dan jika kurang dari suhu normal yang terjadi adalah nasi yang ada di dalam rice cooker akan cepat menjadi basi. Periksa apabila setelah kamu cek ternyata masalahnya ada di heater atau thermostat,maka kamu perlu melakukan beberapa cara ini untuk memperbaiki rice cooker milikmu

  1. Congel bagian tutup rice cooker untuk mengecek apakah heater rice cookermu mengalami kerusakan. Jika ternyata heaternya sudah gosong atau tidak panas, maka segeralah ganti dengan heater yang baru.
  2. Cek bagian engsel samping, apabila ada kabel yang terputus maka kamu harus segera menggantinya untuk mengembalikan fungsi terbaik rice cookermu.
  3. Periksa suhu thermostat dengan avometer. Suhu normal pada termostat adalah dikisaran 70ᴼ sampai dengan 80ᴼ, jika ternyata suhu yang dibutuhkan tidak sesuai, maka kamu harus mengganti termostat rice cookermu dengan yang baru.

cara memperbaiki rice cooker cepat basi

Nah, cara-cara tadi diharapkan bisa kamu praktekan sendiri di rumah. Semoga cara-cara  memperbaiki rice cooker yang nasinya cepat basi maupun kering bisa berguna yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *