action cam

Cara pemilihan Action Cam

General

Action cam merupakan kamera yang umumnya digunakan diluar ruangan (outdoor) seperti berenang, hiking,  bersepeda, menyelam, bahkan sering juga digunakan untuk keperluan shooting  televisi. Kamera digital jenis ini mampu merekam maupun mengambil foto saat aktifitas ekstrem melebihi kemampuan kamera  digital biasa. Penggunaannya biasanya diletakkan di atas helm, topi, kendaraan, monopod, dan alat lainnya.

Cara pemilihan Action Cam

action cam
action cam

Ketika ingin membeli  action cam, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:

  1. Mengetahui fungsi dari action cam,

Umumnya action cam memiliki fungsi untuk merekam video dan mengambil video dengan resolusi tinggi tanpa takut kamera rusak, karena memang kamera digital satu ini di desain untuk kegiatan luar sehingga sangat aman penggunaannya. Bahkan biasanya action cam memiliki casing yang tahan air sehingga dapat digunakan pada saat cuaca hujan maupun ketika berenang dan menyelam ketahanan terhadap air ini mampu hingga 40 meter.

  1. Kualitas foto maupun video

Dalam memilih action cam ada baiknya untuk memperhatikan resolusi. Untuk menghasilkan hasil foto maupun video dengan resolusi tinggi perlu resolusi kamera 1080p dan 720p, sedangkan untuk hasil yang sedang memerlukan resolusi kamera 720p dan 480p, tentunya dalam segi harga juga berbeda, untuk hasil foto dan video dengan kualitas lebih tinggi harga kamera tentu lebih mahal. Agar hasil dapat diedit pada gadget anda maka perlu memperhatikan formatnya yaitu pilihlah format .mp4 dengan codec H.264.

  1. Fitur tambahan

Sebelum memutuskan untuk membeli action cam ada baiknya memperhatikan fitur tambahan yang tentunya dapat lebih mempermudah penggunaan action cam. Salah satu fitur tambahan yang diperlukan yaitu WiFi, adanya WiFi ini mempermudah action cam untuk mengambil foto maupun video langsung dari smartphone. Ada juga beberapa fitur tambahan yang sangat diperlukan lainnya yaitu, Time Lapse, Night Lapse, MicroSD, ISO, white balance, wide angel, burst, dan placback to HDMI.

Baca Juga :  Rice Cooker Mini Murah dari Bukalapak

Dengan memperhatikan hal diatas, maka berikut beberapa rekomendasi action cam yang dapat anda jadikan pilihan sesuai keperluan anda:

  1. GoPro Hero 6

GoPro Hero 6 merupakan penerus dari GoPro Hero 5, menawarkan beberapa kelebihan yang lebih update GoPro Hero 6 mampu menarik minat para pecinta action cam. GoPro memiliki fungsi kedap air hingga kedalaman 10 meter dari permukaan air bahkan GoPro Hero 6 tidak memerlukan casing pelindung tambahan untuk menyelam. Layar touchscreen sebesar 2 inci memudahkan dalam mengambil foto maupun video tanpa menghubungkan ke smartphone. Ukurannya yang mungil mampu menghasilkan kualitas gambar dengan hasil yang memuaskan dilengkapi dengan yang mampu mengambil foto hingga resolusi 12 megapixel dan merekam video dengan resolusi hingga 4K, bahkan mampu merekam video slowmotion 120fps di resolusi 1440p dan untuk 240 fps dengan resolusi full HD.

2. Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II

Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II memiliki kemampuan yang mumpuni namun dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar 600ribuan, menjadi salah satu action cam yang direkomendasikan. Mampu menghasilkan foto dengan resolusi 16megapixel dengan kualitas tinggi, dan hasil video 40K pada 30fps. Mampu  mengambil gambar di kedalaman 40 meter dari permukaan air bahkan dilengkapi dengan lensa wide 170 derajat sehingga jarak jangkauan yang dapat masuk kedalam frame dapat lebih luas. Dilengkapi juga dengan fitur konektivitas WiFi dan panel  LCD True Color 2 inci. Salah satu kelebihan yang menarik dari Brica B-PRO5 Alpha Edition mark II yaitu kompatibel dengan aksesoris action cam lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *