rice cooker miyako

Manual Book Rice Cooker Miyako

General

Salah satu merk rice cooker yang paling laris di pasaran adalah Miyako. Harga yang cukup murah dengan kegunaannya yang 3 in 1 membuat rice cooker Miyako banyak digemari oleh penggunanya. Selain itu ukuran rice cooker ini juga beragam, mulai dari 0,6L sampai dengan 7L, dan yang paling sering digunakan untuk rumah tangga adalah yang berukuran 1,8L dan 2,2L.  Untuk ukuran 1,8L dan 2,2L sendiri memiliki harga disekitaran Rp230.000 sampai dengan Rp350.000. Harga rice cooker Miyako 2 Literan tersebut cukup ekonomis dibandingkan rice cooker ukuran yang sama dengan merk berbeda.

Selain harga yang bersaing, cara menggunakan rice cooker miyako juga cukup mudah dibandingkan dengan rice cooker yang lain yang memiliki banyak tombol. Untuk kamu ketahui, berikut ini cara menggunakan rice cooker Miyako

Cara Menggunakan Rice Cooker Miyako

1.      Untuk menanak nasi

Rice cooker sudah menjadi alat utama untuk menanak nasi. Sudah sangat jarang sekali orang yang tidak menggunakannya untuk menanak nasi. Saat akan menggunakan rice cooker untuk menanak nasi, pastikan kamu sudah mengetahui takarannya seperti ini

·         Untuk 1 cup beras diperlukan 2 – 2.5 cup air

·         Untuk 2 cup beras diperlukan 3 – 3.5 cup air

·         Untuk 3 cup beras diperlukan 4 – 4.5 cup air

·         Untuk 4 cup beras diperlukan 5 – 5.5 cup air

Setelah memastikan takaran yang pas, maka yang selanjutnya dilakukan adalah mencuci beras sampai bersih. Selanjutnya memasukkan beras ke dalam panci rice cooker dan tuangkan air sesuai dengan takaran. Jika air dan beras sudah berada dalam panci rice cooker, langkah selanjutnya adalah kamu hanya perlu mencolokkan kabel rice cooker ke dalam stop kontak dan pencet tombol warm menjadi cook. Tunggu sekitar 15 menit untuk kemudian nasi matang dan siap untuk dihidangkan.

Baca Juga :  Rekomendasi Rice Cooker yang Bagus untuk Daya Listrik Rendah

Namun yang perlu kamu ketahui, waktu memasak setiap rice cooker berbeda-beda bergantung dengan jumlah takaran beras yang akan dimasak.

2.      Untuk menghangatkan makanan

Cara menggunakan rice cooker Miyako yang kedua adalah untuk menghangatkan makanan. Menghangatkan makanan dengan rice cooker sangatlah mudah, yang perlu dilakukan hanyalah menyambungkan kabel rice cooker ke sumber listrik setelah meletakkan makanan ke dalam aluminium pan/ panci. Tunggu beberapa saat untuk kemudian makanan menjadi hangat. Kamu juga bisa menggunakan wadah pengukus rice cooker yang ada jika makanan yang kamu hangatlah dalam jumlah sedikit.

Hal yang perlu kamu ingat adalah tidak meninggalkan benda apa pun termasuk juga sendok pengaduk nasi (spoon) di dalam panci selama proses menghangatkan makanan. Benda berbahan plastik yang mudah meleleh dan tertinggal di dalam panci bisa saja mengontaminasi makanan selama proses menghangatkan.

3.      Untuk mengukus makanan

Tidak berbeda jauh cara yang digunakan untuk menghangatkan makanan dengan mengukus makanan. Pertama yang kamu perlukan adalah menuangkan air ke dalam panci rice cooker secukupnya, pastikan air tidak terlalu penuh sehingga wadah pengukus tidak memiliki tempat. Kemudian letakkan wadah pengukus rice cooker ke dalam panci, dan tutup. Selanjutnya kamu hanya perlu memindahkan tombol warm ke cook. Tunggu beberapa saat, dan makanan yang kamu inginkan matang.

rice cooker miyako

Nah itulah beberapa cara menggunakan rice cooker Miyako untuk kegiatan dapur kamu. Sangat membantu bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *