Siasat Android One: Ponsel yang Menarik untuk Dimiliki

Gadget

Android One adalah sistem operasi untuk telepon pintar produk Google, menyasar target pengguna di negara berkembang. Oleh produsennya, sistem ini pertama kali dirilis pada tahun 2014 di negara-negara berkembang seperti India, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Indonesia, Filipina dan negara Asia Selatan lainnya. Dalam mempopulerkan dirinya sebagai sistem operasi, Android One menyasar berbagai produsen ponsel pintar mulai dari pabrikan lokal seperti mito dan evercoss, sampai produsen global seperti Xiaomi dan Nokia. Menjadi menarik ketika terdapat fitur-fitur tertentu di sistem operasi ini yang tidak dimiliki sistem operasi android pada umumnya.  

Pasalnya, Android One menghadirkan pembaharuan yang tidak lagi diurus oleh produsen. Dalam kata lain, pabrik tidak perlu lagi mengurus pembaharuan tetapi langsung oleh Google. Hal inilah barangkali yang membuat Android One laku dikerubuti produsen ponsel dari berbagai negara. 

Untuk fitur yang ditawarkan pada pengguna, sebenarnya Android One tidak menghadirkan banyak hal baru. Fitur-fitur yang biasa muncul beraneka ragam dari ponsel pintar berbagai merk menjadi tidak ada dalam gadget yang menggunakan Android One, lantaran sistem operasi ini diproduksi seragam untuk beragam pabrikan. Misalnya, di ponsel Nokia tipe A71 dan Xiaomi tipe A2 tidak ada yang berbeda meskipun berasal dari pabrik yang tak sama. 

Sistem operasi Android One dapat dikatakan sudah berumur. Telah banyak ponsel-ponsel yang menggunakannya. Meskipun demikian, sebagaimana sistem operasi ponsel pintar pada umumnya, Android One tetap muncul pada ponsel-ponsel generasi terbaru. Mari kita ketahui Android One terbaru yang tersemat di ponsel-ponsel pintar masa kini.

  • Nokia 7.2

Ponsel ini dibangun dengan baik. Menggunakan bingkai aluminium yang tahan lama dengan kaca belakang ramping yang terlihat dan terasa luar biasa. Pada bagian depan, layar 6,3 inci sangat menyenangkan untuk dilihat. Tidak hanya istimewa dengan resolusi 2220×1080, tetapi kemampuannya untuk memutar konten HDR10 dan mengkonversi video SDR menjadi video HDR membuat Nokia 7.2 penuh warna dan semangat setiap saat. Daya tahan baterainya pun luar biasa, chip NFC memungkinkan pembayaran tanpa kontak dengan Google Pay, USB-C digunakan untuk mengisi daya, dan kamu dapat memperluas 128GB penyimpanan dasar hingga 400GB jika Anda berencana menyimpan banyak file lokal.

  • Motorola One Vision

Tanpa ragu, bagian paling mencolok tentang One Vision adalah layar 21: 9-nya. Ini jauh lebih sempit dan lebih tinggi daripada sebagian besar ponsel di luar sana, memberikan pengalaman sinematik yang jauh lebih baik ketika menonton film atau bermain game. Ini juga tampak hebat dengan resolusi 2520×1080. Pengalaman perangkat lunak Android One pada One Vision sebersih sebelumnya, tetapi kamu juga mendapatkan beberapa tambahan kustom Motorola yang luar biasa seperti Moto Display, memutar telepon dua kali untuk membuka kamera, dan banyak lagi. Dari sisi spesifikasi, kamu juga mendapat manfaat dari kamera belakang 48 megapiksel (MP), USB-C untuk pengisian daya, dan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 512GB.

  • Nokia 4.2

Berbicara tentang desain, Nokia 4.2 memiliki beberapa bakat tak terduga. Ada tombol khusus untuk mendorong Asisten Google, bersama dengan lampu pemberitahuan LED yang membungkus tombol daya. Secara spesifik, Nokia 4.2 juga mengemas prosesor Snapdragon 439 yang mumpuni, 32GB penyimpanan yang dapat diupgrade (hingga 400GB), sensor sidik jari, dan NFC untuk Google Pay. Layar hanya 720p HD dan port pengisian Micro-USB yang lebih lama bisa dibilang menjengkelkan, namun harganya tidak terlalu mahal.

Setelah mengetahui berbagai hal dan jenis ponsel Android One, apakah kamu minat memilikinya?

Baca Juga :  3 Jenis Hp Xiaomi Indonesia Resmi Bergaransi TAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *